Saturday, June 22, 2024

6 Pilihan Cara Untuk Menjelajah Kota Seribu Candi di Bagan Myanmar


One of the best way to explore the temples in Bagan is on horse cart. There's just something about sitting on the back of the horse cart and seeing the temples surround you while you're riding on the remote dirt roads that just makes it all seem real and you're really experiencing the moment. Itu adalah salah satu penggalan kalimat yang kami baca ketika mencari rekomendasi moda transportasi apa yang paling menyenangkan untuk menjelajah kota tua Bagan di Myanmar yang dikenal memiliki area yang sangat luas dan di dalamnya terdapat ribuan candi yang berdiri di kawasan tersebut.
Sampai akhirnya ketika kami tiba di kota Nyang U yang menjadi salah satu pintu masuk ke Bagan kami pun menyediakan sedikit budget lebih untuk mendapatkan pengalaman menjelajah kota seribu Candi di Bagan ini dengan kereta kuda. Sebuah pengalaman yang banyak orang bilang You Only Live Once jadi tentunya sangat sayang jika dilewatkan, hitung-hitung untuk mencontereng bucket list yang telah kami impikan sebelumnya. Dari pengalaman kami 2 hari di Bagan melalui artikel ini kami ingin berbagi informasi untuk kamu yang memiliki impian ke Bagan Myanmar berikut beberapa cara untuk menjelajah kota seribu Candi ini.




1. Cara pertama kamu dapat menyewa sepeda kayuh, sepeda listrik atau sepeda motor untuk menjelajah. Namun yang harus kamu pertimbangkan apabila menggunakan transportasi ini di Bagan tidak banyak petunjuk arah yang dapat memandumu untuk menunjukan sebuah lokasi candi. Sepanjang mata menandang adalah komplek candi tua di jalan tanah merah dan berbatu, ada ribuan candi yang tersebar di kawasan ini. Bersiaplah panas-panasan atau kehujanan di tengah jalan dan berteduh di bawah pepohonan. Kelebihannya kamu bisa berpetualang dan menantang untuk bisa tersesat, biaya yang lebih murah dan lebih fleksibel dalam menjelajah.





2. Menyewa kereta kuda/andong untuk keliling menjelajahi Bagan. Kelebihannya pak kusir selain sebagai pengemudi dia juga bekerja sekaligus menjadi pemandu yang dapat merekomendasikan candi mana saja yang patut untuk dikunjungi. Pengalaman kami pak kusir sangat bisa diandalkan untuk ditanya beragam informasi mengenai sebuah kuil maupun cerita tentang kehidupan masyarakat setempat. Moda transprotasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berkuda di antara kuil-kuil kuno yang terhampar di kawasan kota tua Bagan dan menyelami suasana seperti tempo dulu. Dan cara ini cocok bagi kamu yang ingin belajar sejarah lebih dalam tanpa harus menyewa guide atau pemandu wisata. Kelebihannya kita bisa sangat fleksibel juga untuk menentukan kemana kita akan pergi.




3. Menyewa kereta sapi yang akan membawamu berpetualang dengan santai berkeliling komplek candi di Bagan. Kekurangannya persiapkan kocek lebih dalam karena biaya sewanya tentu lebih mahal namun tentunya terbayar oleh sensasi dan pengalaman yang diberikan. Sama seperti kusir kuda umumnya pak kusir sapi ini juga paham secara umum mengenai lokasi-lokasi yang kita tuju. Oh iya untuk moda transportasi ini jarak tempuhnya cukup terbatas ya tidak sejauh dengan kereta kuda atau delman.





4. Mengikuti open trip dengan mobil/mini van ber AC. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak mau repot, takut tersesat dan hendak mendapatkan kenyamanan. Persiapkan budget lebih untuk mengikuti cara ini. Kekurangannya dengan mengikuti trip seperti ini tentunya kami tidak bisa leluasa menikmati setiap tempat yang dikunjungi karena pastinya pemandu wisata akan membatasi waktu setiap tempat serta tempat yang dikunjungi hanya berdasrkan itinerary atau rencana yang telah dibuat saja.





5. Jalan kaki atau lari. Saya akan angkat topi dan tepuk tangan kalo kamu menjelajah Bagan dengan cara ini. Cara ini cocok bagi kamu yang memang suka lari maraton untuk olahraga atau benar-benar mau irit. Persiapkan bekal minum dan makanan yang cukp mengingat area Bagan sangat luas dan apabila kamu datang di musim kemarau maka cuacanya akan sangat terik dan berdebu dan bisa membuat kamu mudah harus dan dehidrasi.




6. Tambahan lainnya jika kamu punya budget lebih bisa coba naik balon udara untuk melihat Bagan dari atas udara. Cara ini sangat terbatas yaitu hanya ada di musim dingin sekitar bulan Oktober sampai awal bulan April saja. Dan satu hal yang perlu kamu catat jumlah balon yang terbang dalam perharinya dibatasi yaitu hanya 22 balon saja yang diperbolehkan terbang oleh kementrian pariwisata setempat demi alasan keselamatan. Untuk bisa mencoba moda transportasi ini kamu perlu merogoh kocek lebih dalam yaitu sekitar 300 Dollar Amerika perorang. Namun uang sebesar itu sangat worth it karena kamu bisa menikmati hamparan ribuan candi Bagan yang terlihat lebih indah dan spektakuler apabila dilihat dari atas balon udara.




Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and tiktok @travelographers
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.